Simulasi selalu jadi momen spesial di Pembelajaran Inovatif °\(^▿^)/°
Masih terkenang dalam memori saat kuliah
simulasi Pembelajaran Inovatif I dan II.
It is a w e s o m e :D
Matkul ini merupakan salah satu matkul bekal
sebagai pengajar di kelas, Simulasi pun tidak luput sebagai nilai pengganti
UAS. Bagiku saat simulasi baik PI I maupun PI II adalah pengalaman yang luar
biasa. Ada rasa senang, bingung persiapannya, lucu... Apalagi pas PI II ada
simulasinya si rempong Anjar :p
“Anak-anak pernahkah kalian minum air
laut???” hhhuuuaaaaaaaaaaaaaaaa sumpah selalu pengen ketawa kalau mengingatnya (
ื▿ ืʃƪ)
@Pembelajaran Inovatif I
Dengan dosen pembimbing Bu Laily, aku pilih
pembelajaran langsung (Direct Instruction) ambil materi kelas VII SMP tentang
pengukuran. Nervous --___-- itulah kesan pertama-tama mau simulasi maklum masih
blajar tampil di depan, sebenere dulu semester satu pertama kali di depan
ngajar itu matkul landasan kependidikan yang ancur tampilannya >,<.
Sekarang waktunya simulas PI I. Huhu
Pertama-tama ngasih perangkat ke bu Leli
bilangnya gini model apa?/ DI bu/ kenapa pengukuran lagi? Apa tidak ada materi
lain yang bisa dibuat DI?(Sambil lihat cover perangkatku) / senyum saja (aduuuh
#dalam hati)
Simulasi berlangsung...
Tau aku pakek apa pas simulasi? Pake atasan
putih, rok hitam (kayak mau PPL :D). Memang aku sengaja sih... awalnya janjian
sama Fitri pake item putih tapi dianya nggak jadi. Alhasil aku sendiri simulasi
pake item putih. Gak papalah PD aja, dan baju itupun tak pake terus sampek sore
di kampus, gileee. Tapi untung ada cahyaning yang bawa blezer hitam. Sebenere dipinjem
sama Rois kalo nggak salah blezernya, tapi gak jadi entah gara-gara apa,
akhirnya tak pinjam sekaligus menyelamatkanku biar gak kayak mau PPL.
Trimakasih Cahyaninggg
Kembali ke simulasi selesai...
Bu Laily : Ayo teman-temannya ada yang
memberi komentar? / suasana diam anak-anak nggak ada yang berkomentar, biasanya
banyak yang ngasih komentar kalo ada yang simulasi di depan / Baik, memang
tampilannya sudah bagus, sudah ada tadi LKS yang ditempel di papan, dikonfirmai
dan dibahas di depan kelas benernya bagaimana LKS nya itu... Tapi ada sedikit
kekurangan, papannya dimaksimalkan pemakaiannya biar nggak terlalu kosong, dan
saat di besaran turunan seharusnya siswa dituntun untuk menemukannya misal :
besaran turunan kan diperoleh dari penurunn besaran pokok (Luas diturunkan dari
panjang dikali lebar ) dan seterusnya... Dari segi perangkat sudah baik tidak
ada yang salah, ada satu yang salah kata ... dianti ... (lupa aku apa, hehe) /
Aku hanya memperhatikan beliau sambil bersyukur dalam hati... sebenere spiclesss
dengan komentarnya ibu e padahal biasanya anak-anak dapat koreksi perangkat
banya, perangkatku dibilang baguss. ALHAMDULILLAH ( ื▿ ืʃƪ) /
Waktunya pengumuman nilai... /Nilai maksimal 85, ada 3 kategori yaitu
penampilan, perangkat, ... gak tau lupa satunya (Bu Laily) Fafa 85, 84, 85.
Yang ingin menambah nilai bisa direvisi kecuali Fafa yang sudah maksimal di
perangkatnya. Jadi nilai yang tertinggi adalah Fafa / deg (aku J )/ Dijilid
jadi satu ya.. dikumpulkan di saya. Ya trimakasih saya akhiri Assalamu’alaikum
/ TRIMAKASIH IBUUU (jeritku dalam hati.... Alhamdulillah dapat nilai A- di
KHS
@Pembelajaran Inovatif II
Haaa.. ini sekarang PI II dengan dosen
pembimbing bu MITArlis >,<
Materi yang di simulasikan juga harus
terpadu. Setelah melalui beberapa pertimbangan dan pemikiran ayng matang dan
lama... Akhirnya aku memilih materi terpadu tema BBM -> Banjir? Biopori
Mengatasi. Dengan tipe keterpaduan Webbed metode CTL Kooperatif. Pemaduan IPA :
Biologi (interaksi biotik-abiotik, pengelolaan lingkungan), Fisika (Tekanan
pada zat padat saat buat biopori), Kimia (Macam-macam campuran homogen dan
heterogen pada aplikasi air banjir). OK Sekarang kita intip keberlangsungan
simulasikuuu .... ("¬_¬)
Aku dapat kelompok ika dan naili, akhirnya
suit kesepakatan yang menang maju, aku de yang maju... Sorenya udah ngebon sih
tapi paginya pas mau simulasi belum tak ambil alatnya karena bu Aniknya belum
dateng... Ijin ke bu Mita, aku sama Fadia. Udah dua orang saja yang ambil
/nggih bu (daem hati -_-)
Aku dipanggil maju dag dig dug. Persiapan
nyalakan LCD dan buka lepiku lam banget (lepiku microsoft officenya agak
bermasalah jadi agak lama)/ ayo mbak segera dimulai/ iya bu, sebentar/ aduh
lama ( lalu bilaunya mengomentari penampilan sebelumku ) / Simulasi
berlangsung... dan selesai ... (tumben ibbu tidak menyela dan memberhentikanku
saat awal-awal padahal penampilan temen-temen sebelumnya dipotong dari awal,
aku sampai hampir selesai, Alhamdulillah ).
Saatnya mendengarkan komentar...
Rupanya anda ingin bermain dengan tema BBM
mainset awal bahan bakar minyak tapi ternyata Banjir? Biopori Mengatasi,
sebaiknya Biopori saja agar tidak ambigu. Saya harao ini orisinil buatan anda.
Apa yang anda lakukan? / Maksudnya bu? (sampil mlongo nggak ngerti maksud
petanyaannya Bu Mita) / Bagaimana cari temanya ? apakah sebenarnya sudah pernah
terpakai? / Saya coba cari di internet bu ternyata kejadian yang lagi upate itu
banjir, saya kembangkan sendiri tema banjir sudah sangat banyak dipakai...
sampai akhirnya saya mikir lagi tema yang beda akhirnya memutuskan untuk
biopori saja / ...
Lupa kau komentar selanjutnya .... hehe
Yang bikin ketawa ngakak itu penampilan
saudara ANJAR WINNING WIDYASTUTI engan tema air untuk kehidupan (kalo nggak
salah). Di awal sumulasi “Anak-anak pernahkan kalian minum air laut???
Bagaimana rasanya?(huuuaaa sumpah bikin ketawa.. minum air laut? ;D ). Sampai
saat inipun saat aku nulis cerita ini juga masih saja ketawa sendiri. Adek
disampingku bingung kenapa aku tertawa sendiri, inget simuasinya ANJAR...
Hahahaha
Ada lagi yang lucu, simulasinya Azmil yang
pake peraga ikan yang ditaruh di air panas, di amati berapa kali insangnya
bergerak... Hhuuua ikan ditaruh di air panas...
TAPI LIKE TEMEN-TEMEN PENDIDIKAN SAINS 2011
A. Kalian Kreatif... Semangattt
Alhamdulillah dapat nilai A- di KHS
-Itulah kisahku with momen spesial
Pembelajaran Inovatif-
Jombang, 04-07-2013
0 comments:
Posting Komentar